Tuesday, August 08, 2006

Pak, Bandara ya...

'Pak, bandara ya", itulah kalimat pertama yang saya ucapkan waktu naik taksi di depan menara cakrawala. Selanjutnya, mulai dengan kalimat "bagaimana hari ini Pak, rame?". Supirnya jawab, "sepi Bu.". Dilanjutkan dengan percakapan lainnya....

Setelah bercakap-cakap,mulailah supir taksi itu bercerita masalah kehidupan di Jakarta, bagaimana dia berjuang hidup di Jakarta, etc.

Dia tuh aslinya Semarang, dan pergi ke Jakarta dari umur 17 ato 19 ya, saya rada lupa. Dia pergi ke Jakarta, saat dia tertekan dan sedih, karena saat dia minta sesuatu ke orang tuanya, ibunya berkata "bapakmu itu bukan bapakmu", "bapakmu itu udah punya istri lain." Akhirnya dia nekat pergi ke Jakarta, mengadu nasib dengan bermodalkan uang hasil menjual sepeda yang merupakan hasil keringatnya sendiri.
Di Jakarta, dia tidak punya siapa-siapa, tapi untungnya diterima jadi buruh bangunan. Sampai akhirnya dia punya niat untuk belajar mengemudi dengan meminjam mobil temannya, seorang supir taksi. Setelah dia berhasil memperoleh SIM, mencobalah dia melamar di Blue Bird. Dan Syukur, dia diterima. Di Blue Bird dia udah 7 th-an lebih deh(lupa pastinya). Nah, dari situ dia mulai menabung untuk membantu adik-adiknya sekolah. Dan mulailah berkeluarga. Saat dia ingat perkataan ibunya dulu, dia tidak pernah ingin pulang kampung, tapi mengingat adik2-nya, kangen kampung halaman, makanya dia selalu pulang kampung, sampai akhirnya dia mulai memafkan orang tuanya, yang dulu bisa dikatakan tidak memperhatikan dia, layaknya anak yang lain.

Dari cerita supir tadi, saya mengambil banyak ilmu dalam hal bagaimana dia menyikapi hidup, bagaimana mensyukuri karunia Tuhan, bagaimana menghadapi orang dikala orang itu menghina kita, cara hidup sederhana, dan banyak hal lainnya. Dengan pendidikan cukup sampai SD dan pengalaman yang cukup banyak di bidangnya, di Blue Bird sendiri dia menjadi staf senior.
Terkadang cara berpikir seseorang tidak selalu ditentukan oleh kadar pendidikan yang pernah diperoleh di bangku sekolah.

Selamat belajar, bagi yang mau belajar. "Hey Kids life is not cool". Tapi kalo dibuat cool, ya cool aja. ya gak? ^-^

No comments: