Tuesday, August 08, 2006

2006年03月02日

おつかれさまです、プトゥです.

Tanggal 2 Maret saya mendapat pengetahuan baru. Saya berkunjung ke rumah temannya Junko sensei, dan di sana sedang mempersiapkan perayaan hinamatsuri. Di sana terdapat boneka-boneka kecil, yang disusun dari atas ke bawah, seperti di tangga-tangga. Mungkin itu berdasarkan kedudukan kali ya, saya tidak sempat bertanya detail.

Sebelum pergi ke sana, pelajaran bahasa Jepang mengenai bagaimana bertamu dan mengucapkan salam sebelum masuk dan keluar rumah. "おじゃまします。。。"、”おじゃましました。”

Saat itu saya merasa seperti di rumah saya saat persiapan upacara galungan. Banyak ada perhiasan-perhiasan warna merah dan kuning. Bedanya hanya, kalau di sini terbuat dari kertas, di Bali terbuat dari janur. Dan yang pasti banyak makanan, yang hanya ada khusus untuk upacara tersebut.

Berangkat dari kantor jam 18:10, dan pulang(tiba di rumah) jam 12:05 malam.
Cukup melelahkan, tapi saya senang sekali.

Di kantor, saya belajar javascript. Ternyata, masih banyak yang perlu dipelajari.

いじょうです。よろしくおねがいいたします。
.......................................................


3月二日、新しい勉強をうけました。私はjunko先生の友達の家にたずねました。ちょどひな祭りの準備をしています。色々小さい人形は階段ぢならべています。これは地位によるかな?わたし詳しく聞きませんでした。
行く前に日本語の勉強はあいさつとマナーでした。例え、家に入ると出るときは"おじゃまします。。。"、”おじゃましました”を言います。
そのときgalunganパーティーのような感じていました。飾りのいろは大体黄色と赤いでした。でも材料は紙から作られました。バリだったらjanurから作られます。
そして食べ物もたくさんありますよね。
18:10時に会社から出て、着くのが24.05時にでした。とても疲れましたが楽しかったです。
会社ではjavascriptを学んで、もっといろんなことを勉強しなければならないでしょうね?


(翻訳:サンティ)

No comments: