Friday, June 13, 2008

Ular

Judulnya kok serem sih... ular... hihihihihi :d

Sebetulnya, berbicara mengenai ular sama saja dengan berbicara mengenai anjing, kucing, monyet dan binatang lainnya. Ular juga dijadikan binatang piaraan oleh orang-orang, contohnya di Thailand. Ada sebuah daerah disana yang hampir setiap rumah punya hewan piaraan king cobra. Serem gak... serem juga tentunya. Anjingku aja pernah kaya anjing gila dan tingkahnya nyeremin banget. Bagaimana kalau king cobra-nya stres ya atau bertingkah gila, alangkah menyeramkannya dia.

Namun, selayaknya sapi di India, king cobra juga menjadi hewan yang dihormati di India maupun di Thailand. Kalau di rumahku juga iya sih. Lihat saja di kuil-kuil, pasti ada deh patung ular cobra dengan banyak kepala. Mereka dianggap sebagai hewan pelindung :)

Terus, aku selalu teringat cerita seorang teman dimana sepertinya tidak ada orang yang mempercayai dia.
Ketika dia menangis waktu kecil, karena tidak diijinkan bermain atau minta kue ketika ada acara keluarga, sang ibupun memasukkan dia ke sebuah kamar. Selayaknya seorang anak yang sedih, diapun menangis di sudut ruangan. Tiba-tiba dia melihat seekor ular besar, ular cobra yang menghampiri dia sambil menatap ramah. Si anak kecilpun tersenyum dan menyapa ular itu. Dia paham kalau ular itu sedang lapar. Diapun dengan tenang membuka pintu dan memanggil sang nenek. Dia minta segelas susu. Dengan tanpa rasa curiga, si nenekpun membuatkan dia segelas susu putih. Si anak merasa sangat berterimakasih dan rasa sedihnya tiba-tiba sirna. Dia meletakkan susu tersebut di tempat dimana ular tadi berada. Diapun keluar dengan tersenyum. Setelah beberapa menit diapun kembali ke ruangan itu dan dia menemukan gelas yang dilantai sudah kosong. Dia berpikir bahwa ular itu sudah meminum susu tersebut. Kemudian diapun bercerita pada semua orang di rumahnya. Namun sayang, tidak ada seorangpun yang percaya cerita si anak kecil. Si anak kecilpun kembali sedih, berharap agar dia bertemu si ular lagi dan menunjukkannya pada semua orang, namun ular itu tidak pernah nampak lagi.
Ketika dia remaja, diapun bercerita ke aku tanpa mengharapkan sebuah rasa percaya. Tapi, aku percaya semua cerita itu krn aku tahu bahwa ular cobra itu suka susu. Di India, orang-orang disana selalu mempersembahkan susu murni untuk para ular cobra.

Ular, selayaknya anjing(binatang kesayanganku), memiliki perasaan yang sama seperti manusia. Mereka juga paham kalau mereka disayang atau dibenci. Jadi, kalau tidak ingin dilukai oleh mereka, jangan membuat masalah duluan. Namun, kalau mereka duluan yang nyari masalah ya... sama-sama menerima akibatnya. Sangat menyenangkan sebetulnya berbicara dengan hewan. Jadi inget film Narnia, film yang betul2 menginspirasi aku :)


-Putu-

No comments: