Tuesday, January 15, 2008

Ujian Karate Vs Acara 2-8

Tahun 2000 merupakan tahun yang bisa dibilang sangat menyenangkan, betul2 ngerasain suka-duka nya anak SMU.

Tepatnya bulan Mei 2000, hari Minggu kalau gak salah, aku selaku salah satu member two eight alias kelas 2-8, wajib ikut acara perpisahan kelas, secara kita udah pada mau naik ke kelas 3. Waktu itu perpisahannya di restoran Sekar Wangi (kalo gak salah, krn sekarang udah ganti nama), dekat pakelan di Magelang. Disana kita bisa mancing terus minta para pelayannya ngemasak ikan hasil pancingan kita. Atau kita bisa langsung membeli ikan kiloan dengan harga yang sudah terdaftar. Harganya gak terlalu mahal, masih bisa dijangkau anak2 SMU – itu juga hasil nabung tiap minggu :p . Tapi bener kok, murah… Magelang gitu lho!!

Namun, di hari yang sama juga, aku ada ujian Karate yang udah aku tunggu2, udah aku persiapin ampe elek, ampe jelek, ampe kaki rusak :d
Dan…. Yang nguji adalah Sensei Rusmit! Wao!!!… kapan lagi aku bisa diuji ama dia.

Akhirnya aku harus membagi waktu dengan sebaik mungkin neh. Pagi, ikut perpisahan dulu ampe siang, terus pulang ke kampus ikut ujian karate. Waktu itu Yon (ketua ekskul Karate) ngasi tahu kalau yang tes di pagi hari adalah anak2 sabuk putih. Aku udah seneng neh, krn aku kan mau tes naik ke sabuk biru kyu 5 waktu itu, jadi bisa siang2.

Acara di Sekar Wangi berlangsung dengan meriah dan gembira. Seperti biasa, anak2 2-8 yg terkenal dengan segala kelebihannya dan keunikannya sampai berhasil merobohkan jembatan bambu di Sekar Wangi, ampe pada nyemplung ke kolam semua… :d Untung aku udah cabut duluan, hehehehe. Peace!!
Tapi, aku juga sedih waktu itu… gak sadar air mataku menetes sepanjang boulevard yang aku lewati. Aku pulang duluan dari Sekar Wangi untuk ikut ujian Karate jam 2 siang. Turun dari angkot, aku ngelihat Indra mau pesiar. Aku kaget aja, “Indra kamu mau kemana ? kita kan mau ujian?” . “Kamu telat Sri. Ujian utk sabuk berwarna pagi ternyata. Keputusannya mendadak” sahutnya. “hah!!” Aku langsung lari ke GSG, aku gak mau kehilangan kesempatan ini.
Sesampai di GSG, aku ketemu Yon, dia minta maaf krn gak ngasi tahu aku. Kebetulan aku pagi2 pergi ke pura, jd emang gak ketemu Yon dari pagi. Air mataku netes waktu ketemu Sempai. Kemudian Sempai tersenyum sambil berkata “Kamu pulang dulu ke graha terus makan siang. Setelah itu datang kesini jam 2 utk ujian. Ujian sendiri gapapa kan?”. “Osh Sempai, terima kasih banyak” aku membungkuk dan kemudian pergi menuju graha.

Jam 2 tiba….. Karateka yoi…!!! Suara lantang yg tegas memenuhi gedung ujian, meski dari suara itu kita bisa menebak berapa usia orang yg menyuarakannya. Sensei Rusmit adalah satu Karateka Senior di Semarang utk Inkai. Usianya mungkin sekarang udah 70-an kali ya. Tapi jgn macem2 ama dia, kalo gak mau disemprot ampe tumbang :d – dimarahin maksudnya!
Seperti perkataan Sempai sebelumnya, aku ujian sendiri utk kategori sabuk berwarna. Mulai dari kata 1, kata 2, kata 3, kata 4. Lewat semua dengan memuaskan
Tiba2 Sensei Rusmit nanya, kata 5 bisa ?
Osh Sensei! Akhirnya aku bermain kata 5 meski harus mengulang 2 kali. Secara kata 5 adalah hasil belajar sendiri, bukan persyaratan utk naik ke sabuk biru kyu 5.
Kemudian aku tes kumite. Aku kan sendiri seperti biasa, gak ada ceweknya. Akhirnya dipanggillah si cepot (anak SOS paling puintar tp kocak abiss…) utk jd sparing partner ku. Wuih wuih… lumayan juga adu mae geri ama tuh anak. Kakinya keras juga, untung kakiku udah biasa dihajar juga, jd it’s ok

Akhirnya semua tes aku lewati dengan peluh menetes di sekujur badan, namun senyum selalu menghiasi bibirku. Thx God!!!! Aku bisa ikut ujian ini.
Selanjutnya ada demo kata Unshu dari Sensei Leo Chandra (ternyata dia pamannya muridku di UPH, glek!), Sensei Toyung. Kuerennya pol!!!!! Ampe aku terbengong2

Pengumuman tiba…. Biasanya dijelaskan hasil ujian, siapa terbaik, siapa yang her, dll. Aku seneng banget ketika Sensei Rusmit mengumumkan kalau aku bisa langsung loncat ke sabuk biru kyu 4. Wao…. Aku langsung cium tangan Sensei Rusmit, dan kita foto2 bareng. Usaha emang gak ada yg sia-sia. Percaya deh ama aku!!!

Hari itu merupakan hari yg sangat penting buatku dan akan teringat selamanya!!

No comments: