Tuesday, January 22, 2008

Fakta, Mimpi dan Khayalan

Apa yang pertama kali terpikirkan jika tiga hal yg berbeda bersatu menjadi sesuatu yg baru yg samar samar yg tidak jelas yg mana sebetulnya tidak bisa dipahami manakah yg menjadi dasar

Ketika fakta berjalan di jalurnya sendiri, ketika mimpi beterbangan di alamnya dan ketika khayalan menyelinap di sela2 benak manusia. Di suatu titik mereka bertemu, dimana fakta, mimpi dan khayalan menyatu bagaikan gulungan benang dengan tiga warna yg berbeda.
Sebetulnya apa warna gulungan benang itu ? apakah merah atau putih atau biru atau merah putih biru. Semuanya benar… semuanya mungkin salah…

Ketika fakta seperti mimpi, ketika mimpi terjadi selayaknya realita dan ketika khayalan berubah menjadi mimpi kemudian menjelma menjadi fakta. Akankah kita menyadari bahwa fakta itu adalah mimpi, atau mimpi itu adalah fakta yg sesungguhnya, atau pula khayalan2 itulah yg sebenar-benarnya.

Ketika berjalan serasa terbang, ketika terbang serasa menyelinap, ketika menyelinap serasa berjalan lalu apa sebetulnya yang kulakukan. Apakah terbang dengan sambil berjalan dan menyelinap-linap ? Mungkin saja !

Sesungguhnya apapun itu, terserah mata memandang dari mana, terserah pikiran mau memikirkannya dari mana, terserah perasaan mau merasakannya dari mana. Karena sebetulnya tiada batas antara fakta, mimpi dan khayalan !!!

- Inspired by my own self -

1 comment:

Anonymous said...

Ya, mungkin karena itu