Thursday, May 22, 2008

100 tahun Harkitnas

Selamat hari Kebangkitan Nasional semuanya... ^^

Kemarin ada yang bertanya, "Putu.., apa makna Harkitnas bagi kamu ?"
"Wah.. banyak!!!"
"Yah, nyesel deh nanyanya, hehehe"

Sebetulnya, kalau berniat bertanya, tolong jangan kaget kalau dikasi jawaban panjang lebar, atau jangan bersedih ketika dijawab dengan satu atau dua kata :)

Mengenai Harkitnas, secara tidak langsung berpengaruh juga pada diriku. Apalagi ketika melihat banyak sekali acara dan kegiatan yang mengingatkan akan masa kanak-kanak. Di pura, ketika ada upacara, Pak Pendeta memberi ceramah mengenai arti dari tembang-tembang yang dulu waktu kecil pernah kita pelajari. Semua tembang-tembang itu ternyata memiliki makna yg sangat mendalam. Selain itu Beliau juga mengajak kita untuk "memBalikan Bali, dan bagi yg berasal dari Jawa silahkan menJawakan Jawa". Sebetulnya perkataan Bali dan Jawa sendiri memiliki makna yg sangat dalam dan bagus sekali. Di TV juga banyak terdapat ajakan2 untuk lebih bersifat nasionalis dan meningkatkan jiwa patriotisme.

Kalau boleh bercerita, semakin banyak aku melihat dunia baru, semakin aku ingin kembali ke masa dulu (dilematis ya... ^^). Semakin banyak mengenal kebudayaan orang lain, semakin tinggi keinginan untuk mempelajari kebudayaan sendiri. Semakin banyak yg dipelajari mengenai dunia baru, semakin aku ingin kembali membaca buku-buku jaman SD dulu. Semakin banyak mengenal bahasa, semakin ingin aku kembali berbahasa Bali. Mungkin inilah yg disebut sifat alamiah dari mahluk hidup. Kemanapun jauhnya burung terbang, suatu hari nanti dia akan kembali kesarangnya, ke sarang dimana dia dilahirkan :)

Dan.... perayaan 100 thn Harkitnas kemarin kueren banget.... !!!! Aku jadi kangen masa2 SMA neh. Marching Band-nya keren, tapi kayanya lebih keren Gita Bahana Taruna Nusantara deh (narsis!!! hehehe). Habis, macan-nya mereka gak boleh guling2 sih... gak seru jadinya. Tapi marching band-nya AKPOL boleh juga... Penata rama-nya juga boleh, hahahaha :p (just kidding..)
Yang keren juga, waktu bapak2 TNI itu melakukan atraksi bela diri... aku banget deh pokoknya.!.
Terus, seharian aku nyanyi2 lagu kebangsaan. Mengingat jaman dulu waktu menjadi tim paduan suara, sekaligus penata suaranya. Lumayan menambah idealisme dan nasionalisme.

So, selaku anak bangsa, apa yg bisa kita lakukan ?
apakah harus bertanya pada rumput yg bergoyang ?? atau... pada debu2 yg beterbangan ??
jawabannya adalah... tanyakanlah pada dirimu sendiri!!!

Peace!!!

No comments: