Wednesday, February 20, 2008

Kata Empi


Dalam dunia Karate ada istilah Kumite dan Kata. Keduanya memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi cara berlatihnya maupun dari segi pengaplikasiannya. Pertama kali mengenal Karate (10 thn yg lalu), aku langsung jatuh cinta dengan sesuatu bernama “Kata”. Dan mungkin aku termasuk salah satu dari sedikit karateka yg dengan bersemangatnya, sedikit memaksa, agar aku bisa menekuni dunia Kata. Memang pada dasarnya semua karateka belajar Kumite dan Kata, namun tidak banyak yg bersedia menekuni Kata, mungkin karena butuh banyak pemahaman mengenai filsafat dari Karate sendiri, meski pada dasarnya Kumite juga demikian. Dan, terkadang latihan untuk Kata terlihat sangat melelahkan, namun sebetulnya sama saja. Keduanya menyenangkan ^-^, at least lebih menyenangkan dari pada belajar main gitar!!


Setiap hari belajar Kata, merupakan hari2 yg membantu tumbuh kembang-nya mentalku. Semua yang aku pelajari memberikan sesuatu yg tidak mungkin semua orang miliki.

Aku teringat pada masa dimana akhirnya aku memutuskan untuk belajar Kata Empi. Kata yg singkat padat berisi, hehehe. Mantap!!

Untuk menguasainya tidak mudah, banyak usaha, banyak waktu dan pengorbanan. Detik2 dimana aku hampir menguasai seluruh bagian dari Kata Empi, saat itu pula aku menyadari bahwa aku tidak akan pernah sanggup memainkan Kata itu. Sangat menyedihkan, mungkin itu masa paling membuat aku desperate, tapi itulah kenyataannya. Aku senang sekali selama berlatih Kata Empi. Pernah juga ditimpuk sendal, tapi gak kena, ama Sempai (akunya jg sih yg rada2, but it’s ok).


Setelah aku menyadari dengan sesadar-sadarnya bahwa aku tidak akan sanggup memainkan Kata itu, akhirnya aku memutuskan utk ngajarin orang2 mengenai Kata itu. Siapa yg mampu menguasai Kata yg bisa dibilang singkat itu, dia tentu orangnya keren banget. Ada beberapa Kata yg menjadi handalanku dan setiap orang tentunya memiliki Kata handalannya masing2. Namun Empi betul2 memberi kesan yg sangat bersejarah dalam hidupku.


Apapun Kata yg kita mainkan, tentu akan bisa dimainkan dengan maksimal jika kita mengetahui makna di balik semua itu, alasan di balik semuanya dan untuk apa sebetulnya semua itu.

Karate is part of my life. Dan akan selamanya seperti itu. Sumpah Karate adalah sumpahku, kapanpun dan dimanapun.


Osh!!!

No comments: