Monday, February 08, 2010

Warna Kehidupan

Perjalanan hidup memang tidak bisa ditebak dengan detail, meski terkadang kita tahu ending result dari sebuah perjalanan. Dan, setiap detail yang ditemui, bagiku sendiri itulah adalah misteri yang harus dihadapi... kalau yang suka bertarung, bisa menganggap diri sebagai street figther, karena tak pernah tahu lawan di jalanan itu se”sakti” apa - hanya bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Susah, senang, kaya, miskin, dibanggakan, dijelekan, hanya beberapa warna yang memang selalu membayangi sebuah perjalanan. Tak heran jika wejangan seorang nenek yang telah melewati semua itu benar2 terdengar bijaksana di telinga krn dialah praktisi idolaku, meski dia telah tiada.

Suatu malam, perut lapar dan mata lelah setelah lembur yang cukup membuat stress membuatku memilih untuk berjalan kaki menyusuri alley di salah satu pojokan segitiga emas Jakarta, dan mampir sejenak guna memesan mie rebus dan teh hangat.

Cerita ringan dari sang penjual mie tentang berjuang utk survive di kota Jakarta membuat senyum simpul keluar dengan lega... ya, aku tak sendiri di dunia ini. Kemudian mampir pula seorang tuna wisma yang rajin menyapaku di pagi hari, mampir utk membeli es teh “si sri” idolanya. Senyumnya pun mekar sambil kembali nyapa “baru pulang mbak?” “Ya Pak, lembur saya”, jawabku enteng.

Cerita dari sebuah acara TV, kemudian mengalir kepada cerita sang tuna wisma, diteruskan tentang perjuangan dari kampung di Tegal hingga sampai ke Jakarta, dilanjutkan lagi cerita dimana dia melihatku hampir tiap hari pulang late nite dengan wajah lelah yg dipaksa tersenyum.... ah, semua itu hanyalah cara untuk survive, hanyalah ekspresi dari sebuah perjalanan. Itulah kesimpulan kami di malam itu.

Kehidupan (ku) memang penuh warna, dan memang lebih berwarna dari pelangi.....

Just enjoy.!.

-putu-

1 comment:

isudarma.blogspot.com said...

Hare Krshna-hidup tampak indah krn ada berbagai warna pengalaman yg mengiasinya tak peduli apa itu suka-duka-sakit-cinta-sukses-gagal, semua bergelayut dlm hidup.Sama spt Tuhan memenuhi semesta ini dgn segala perbedaan. bersyukur adalah intinya. Krshna Kannaiya Radhe Govinda Jay Nandanala Hare