Sunday, July 24, 2011

Tidak Lupa Berterimakasih

sore ini kembali kepala digetok oleh sang ayah tatkala dia bertanya,"putu, coba diingat, siapa yg sudah membawamu sampai seperti sekarang?". "salah satunya ya tas itu, jd jangan kamu seenaknya membuang barang yang pernah menolongmu. sebagai anak yg diajarkan untuk ingat kepada leluhur, sudah seharusnya kita mengingat setiap entitas di alam ini yg telah membantu kita untuk bisa hidup lebih baik. jadi, simpan semuanya baik-baik ya!".

fiuh.... "baiklah....", simpulku.

apa yg dikatakan ayahku tepat sekali. dan dari kecil aku selalu spt itu, oleh karena itu pula blog ini tercipta.

jika dibongkar propertiku, isinya bukanlah barang mewah nan indah berkilauan. tapi mereka semua adalah barang yang terlihat sangat sederhana tapi sangat layak untuk selalu menyertai kehidupanku. tas itu, dompet keren itu, baju itu.... jadi ingat baju pusaka karate-ku, "karategi warisan kakak". indahnya baju itu, meski sekaran sudah terlihat lusuh, tapi utk mendapatkan seorang penjahit yg bisa menjahit dengan kualitas sebagus itu.... hmmm, aku harus ke negeri sakura dulu kayanya.

baju itulah yg berhasil membawaku menjadi seorang atlet. meski akhirnya aku mendapatkan karategi pusaka yg kedua.... mereka semua masih tersimpan rapi dan sedang menunggu ahli waris yang tepat :)

kembali mengingat pesan ayahku, "sesukses apapun kamu, jgn ppernah malu menggunakan baju lusuh itu. karena dulu kamu sangat menyayanginya dan dia selalu menemanimu dikala sulit. jd, jgn lupa untuk berterimakasih padanya!"

memang apapun yg aku beli, jarang sekali berdasarkan hanya berdasar kesenangan. semuanya punya makna tersendiri dan mereka semua pasti memiliki jasa yg patut aku pikirkan. mungkin mereka terlihat sebagai benda mati, namun ketika dlm suasana hening, mereka sama selayaknya manusia yg bisa berkata, berucap terima kasih, mengeluh karena diabaikan, dan sakit karena tidak pernah dirawat dgn baik.

sedari kecil, hidup bersama alam, pelajaran ini selalu dijejalkan di kepalaku. sulit kadang kala dipahami, krn memang harus dipahami dengan perasaan dan keterbukaan pikiran yang luasss..... karena mereka akan bicara tatkala kita percaya bahwa mereka sama seperti kita dan kita bersedia mendengarkan mereka.

hidup ini indah.... banyak bisa belajar. semua entitas di dalamnya begitu unik dan saling berkaitan serta tarik menarik untuk bisa saling mengerti dan memahami.

that's what I re-learn today.

thanks for the great days.... n advices :)

-putu-

No comments: