Wednesday, September 02, 2009

Tuhan ada di.............

Semua kata-kata di atas terinspirasi dari sebuah judul artikel yang datang berkunjung ke mail box. Artikel itu berjudul “Mencari Tuhan dalam Penggorengan Pisang Raja”. Setelah ngerumpi bersama sang penulis sambil tertawa terpingkal-pingkal, ide pun mulai diajak melanglang buana ke alam antah barantah, satu jam yang lalu, satu tahun yang lalu, lima tahun yang lalu, dst……….

Aku selalu tersenyum ketika aku memuji dan berucap terimakasih namun dibalas dengan kalimat “saya yang seharusnya berterimakasih, krn saya bertemu Anda dan saya bisa berkarma baik dengan melakukan sesuatu bermanfaat untuk Anda”. Adem sekali kata-kata itu….

Ketika tidak punya uang cukup untuk meniti hari, keinginan untuk saling berbagi (meski sedikit) merupakan hal-hal indah di negeri rantau, dan ternyata di kala itu aku menemukan makna bahwa, ketika memberikan sesuatu dengan ikhlas tanpa memikirkan imbal balik, malah aku mendapat berkah berlipat ganda di kala aku begitu membutuhkannya. Dan sekarang aku dapat makna satu lagi, yaitu belajar untuk menemukan Tuhan 

Ketika ada seorang anak kecil bercerita dengan polosnya berkata “aku beli susu untuk adiknya tante…. Mau beli snack gak punya uang. Aku tinggal dekat sini tante… Aku kelas 3, punya adik tiga orang. Makannya kuat-kuat banget…hup nyam nyamn hummm hummm.... Aku cuman makan sekali. Aku juga punya kakak, badannya segede aku juga.” Tanpa disadari, tangan merogoh beberapa batang coklat dan ”adik kecilll ini buat kamu...” wah... lega rasanya melihat dia tersenyum.... ”terimakasih banyak tante” balasnya.

Lama sempat merenung.... bagaimana kalau ibunya melihat dia bawa coklat. Kalau melirik kemungkinan yang ada, mungkin ibunya merasa bersyukur karena anaknya makan coklat dan ada yang beliin susu untuk anak bayinya. Kedua, mungkin ibunya marah-marah karena tidak rela menerima pemberian orang lain. Ketiga, mungkin dengan segera memarahi anaknya, mungkin anaknya dikira ngutil... (kaya di film-film sinetron itu). Tapi sudah lah.... aku hanya ingin mengingat senyum anak kecil itu.... semoga semuanya baik-baik saja....

Dan pagi kemarin cerah sekali rasanya ketika ada sebuah message masuk dan diiringi dengan call yang memberitakan ”putu, mereka pada mau nyumbang....:)”
Wao.... what a surprise he he he... 50ribu berbalas ratusan ribu... Thanks God!!!!

Tuhan itu emang ada di mana-mana, dalam penggorengan pisang raja, dalam sebatang coklat, sekaleng susu, dalam sepiring nasi, dalam selembar uang, dan dalam serpihan roti sobek he he he he....

Namaste,
Putu

No comments: