Sunday, March 01, 2009

11 years ago

Selamat tanggal 1 Maret 2009.
Eleven years ago... hhhhh...long enough. It's when I was fiftheen.

Di sebuah ruang aku duduk diterangi lampu belajar yang mulai redup. Lembar demi lembar terlewati, semua bahan ujianpun usai aku nikmati malam itu. Aku sendiri... itulah sekilas pemikiran yang lewat. Semua orang pergi, krn kami tertimpa "musibah" yang aku anggap sebagai pemberian yang berakhir bahagai. Tinggal di rumah orang lain, aku hanya bisa berterimakasih atas semua kebaikan itu. Ujianpun terlaksana dengan nilai yang membuat keluargaku tersenyum puas.

Hari berlalu dan terus berlalu. Satu per satu peristiwa berlalu. Cahaya cerah mulai menyinari dan akupun terbang ke pulau seberang. Ketika aku berkenalan dengan putra/i bangsa dari segala penjuru Indonesia, aku hanya bisa terpukau dan bernafas lega. Apalagi ketika pengumuman dikumandangkan dan aku bisa stay disana for three years. Thanks God,I whispered.
Hal pertama yang membuatku sedikit terpukau adalah luasnya pemandangan di depan mataku. Koridor yang panjang sekali, yang akhirnya setiap hari aku lewati dan udara segar rumputnya menyegarkan jiwaku yang lelah menghadapi pelajaran yang menumpuk. Setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun yang aku lewati sangat menyenangkan. Dan aku selalu merindukan tempat indah yang dikelilingi oleh pegunungan itu. Sebuah lembah yang penuh dengan misteri dan sejarah.

Hari ini, aku ingin kembali ke sana. Ke tempat dimana 11 tahun yang lalu aku memulai hidup baru. Meski semuanya sudah berubah, tapi aroma rumput itu tidak akan pudar. Desiran angin itu akan tetap ramah menyapa. Kabut pagi tidak akan bosan untuk menghiasi pagi buta itu. Suara burung itu.... mereka akan tetap menyanyi dengan riang.

-Putu-

No comments: